Kamis, 17 September 2015

Prinsip Peredam Suara pada Pembuatan Ruangan Kedap Suara

Prinsip insulasi suara atau saya sebut prinsip peredam suara pada prinsipnya ada 4 prinsip yang harus dipenuhi agar pembuatan ruangan kedap suara dapat tercapai sesuai ekspektasi. Sebelumnya kita fahami bahwa suara adalah energi yang dapat merambat melalui medium termasuk dinding, lantai dan plafon. Maka membuat ruangan kedap suara harus benar benar mengisolasi ruangan dar dunia luar agar tidak ada suara keluar masuk ruangan.

Prinsip peredam suara dalam pembuatan ruangan kedap suara adalah decoupling, absorption, add mass dan damping. Keempat prinsip ini harus ada dalam pembuatannya dan tidak bisa dihilangkan. 

Teknik decoupling dapat kita terjemahkan sebagai pemutusan hubungan. Pernahkah anda waktu kecil bermain telponan dengan kaleng yang disambungkan dengan tali? Dan bisa terdengar ke sebelah? Namun jika tali kita putus maka kita tidak bisa mendegar suara sama sekali dari lawan bicara kita. Pemutusan hubungan ini bisa diterjemahkan sebagai teknik decoupling. Maka prinsipnya suara sebagai energi harus dapat diputuskan dalam proses pembuatan ruangan peredam suara ini. Pemutusan ini biasanya dilakukan dengan pemasangan kerangka yang tidak tersambungkan dengan sisi sebelahnya namun diputuskan dengan bahan peredam suara atau kedap suara.
http://bahanperedamsuararuangan.blogspot.co.id/


Maka prinsip kedua adalah absorption atau penyerapan suara. Suara yang merambat melalui bidang keras dapat merambat bahkan melalui beton yang keras sekalipun. Maka diperlukan bahan kedap suara untuk memutuskan energi suara ini. Pemasangan bahan kedap suara ini didalam dinding ruangan dengan cara yang benar dapat dilihat dibagian bawah. Sehingga dengan demikian bahan kedap suara dapat memblok suara agar tidak merambat ke sisi lain.

http://bahanperedamsuararuangan.blogspot.co.id/
Prinsip ketiga adalah add mass atau penambahan massa. Sering kali kita menemukan dinding apartemen atau kantor yang tebal namun ringan sehingga kita dapat mudah mendengar pembicaraan dari ruangan sebelah. Umumnya bahan material sekarang banyak mnggunakan bata ringan untuk membangun gedung atau ruangan. Efek negatifnya adalah ruangan dengan bahan demikian merupakan bahan yang berongga sehingga dapat mudah mengantarkan energi suara ke seberang. Penambahan massa pada bahan material yang digunakan mampu menambah energi suara. Semakin tinggi massa yang ditambahkan maka akan semakin dapat membantu meredam suara. Ini yang disebut add mass.

Prinsip keempat adalah damping. Dalam pengertian umum damping disebut sebagai pembasahan atau pelembapan. Maksudnya adalah penambahan material seperti seallant atau glue atau karet untuk menghambat energi suara. Misalnya sambungan antara rangka yang kita pasangkan ke dinding atau plafon dapat menjadi penghantar energi suara jika tanpa kita berikan tambahan karet atau glue dan sejenisnya untuk mencegah energi suara tersambung antara rangka dan dinding ruangan.

Keempat prinsip dalam peredam suara atau insulasi suara ini wajib dilakukan agar menghasilkan ruangan kedap suara sesuai ekspektasi. Namun kenyataanya banyak orang yang mengabaikan hal ini demi kepentingan pasar dan demi permintaan konsumen. Jika kita bisa menggabungkan teknik ini dengan permintaan pasar, maka pembuatan ruangan peredam suara tidak harus berbiaya mahal, dapat kita masukan anggaran biaya dengan harga wajar dan normal.

Bagi anda yang mau membuat ruangan karaoke, studio rekaman, studio dubbing, studio tv dan sebagainya silahkan hubungi kami. Dengan senang hati kami akan membantu anda. Kamsia! Suwun! Danke! Arigato! Ya, Terimakasih.
http://bahanperedamsuararuangan.blogspot.co.id/

1 komentar: